RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : FISIKA
Kelas/Semester : XII (Sebelas) / III (Satu)
Materi
Pokok : Gelombang Bunyi
Sub Materi : Cepat Rambat Bunyi
Alokasi Waktu : 1 x 15 Menit
A. Kompetensi Inti
KI 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggungjawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif; dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.1 Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya
dalam teknologi.
4.1
Merencanakan dan melaksanakan percobaan interferensi cahaya.
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.2.1
Siswa mampu
menunjukkan rasa syukur terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa melalui fenomena
mendengar dalam kehidupan sehari-hari melalui materi cepat rambat bunyi.
2.1.1
Siswa mampu memiliki rasa ingin tahu
yang tinggi untuk memecahkan setiap masalah dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.1.2
Siswa mampu menunjukkan ketekunan dalam
setiap aktivitas belajar baik kelompok maupun individual.
2.1.3
Siswat mampu memiliki rasa tangung jawab dalam aktivitas belajar baik kelompok sebagai
wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan, melapor, dan berdiskusi.
3.1.1
Siswa mampu menjelaskan pengertian cepat rambat bunyi berdasarkan
materi yang telah di sampaikan oleh guru.
3.1.2
Siswa mampu menghitung cepat rambat bunyi pada zat cair melalui rumus yang
dijelaskan oleh guru didalam materi.
3.1.3
Siswa mampu menghitung cepat rambat bunyi pada zat padat melalui rumus yang dijelaskan
oleh guru didalam materi.
3.1.4
Siswa mampu menghitung cepat rambat bunyi pada zat gas melalui rumus yang
dijelaskan oleh guru didalam materi.
4.7.1
Siswa mampu mendesain alat dan bahan percobaan cepat rambat bunyi diudara untuk
memecahkan masalah pada lks.
4.7.2
Siswa mampu membuat langkah-langkah percobaan yang berkaitan dengan percobaan
untuk menyelesaikan masalah percobaan.
4.7.3
Siswa mampu menarik kesimpulan data
hasil pengamatan mengenai percobaan cepat rambat bunyi pada udara.
D.
Materi
Ajar
Cepat Rambat Bunyi
bunyi
adalah getaran yang dapat ditransmisikan
oleh air, atau material lain sebagai medium (perantara). Bunyi merupakan
gelombang longitudinal dan ditandai dengan frekuensi intensitas ( loudness), dan kualitas. Kecepatan bunyi
bergantung pada transmisi oleh mediumnya.
Cepat rambat bunyi adalah hasil bagi
jarak yang ditempuh bunyi oleh gelombang bunyi persatuan waktu. Secara
matematis Cepat rambat bunyi dapat dituliskan :
Diman :
v = cepat rambat bunyi
s = jarak (m)
t = waktu (s)
a.
Cepat rambat bunyi pada zat padat
Modulus elastisitas atau modulus Young adalah perbandingan antara
tegangan (stress) dengan regangan (strain) dari suatu benda.
Gelombang bunyi yang merambat
dalam medium zat padat memiliki cepat rambat yang besarnya dipengaruhi
oleh modulus Young dan massa jenis zat,
yang dirumuskan
Dengan E adalah modulus elastisitas Young ( N/m2) dan
adalah
menjatakan massa jenis zat padat (kg/m3).
b.
Cepat Rambat Bunyi pada Zat cair
Laju gelombang bunyi dalam suatu
medium yang memiliki modulus curah β (bulk-
modulus) dan rapat massa dinyatakan oleh persamaan:
dengan ρ adalah massa jenis zat
cair, dan β adalah modulus curah, yang
menyatakan perbandingan tekanan pada sebuah benda terhadap fraksi
penurunan volume (N/m2).
c.
Cepat Rambat Bunyi pada Gas
Kecepatan bunyi untuk gas, nilai E yang memengaruhi cepat rambat bunyi
pada zat padat setara dengan modulus
bulk adiabatis, yaitu:
dengan P adalah tekanan gas dan
γ adalah nisbah kapasitas terminal
molar. Ini setara dengan:
dengan:
R = tetapan molar gas (J/mol K)
M= massa satu mol gas
T = suhu termodinamika (K)
Sementara itu, γ merupakan konstanta yang bergantung pada
jenis gas, untuk udara mempunyai nilai 1,4.
E.
Pendekatan
dan Model Pembelajaran
Pendekatan :
Scientific Learning
Model :
Discovery Learning
Metode :
Eksperimen, Diskusi, dan Presentasi
F.
Media,
Alat dan Sumber Belajar
1. Media
Ø Papan
Tulis
Ø Worksheet
atau lembar kerja (siswa)
Ø Lembar penilaian
Ø Spidol
Ø Penghapus
2.
Alat/Bahan
Ø Benang
Ø Kaleng
3.
Sumber belajar
Ø Joko Budiyanto.2009. Fisika
Untuk SMA kelas XII.Jakarta: Pusat Perbukuan. Departemen Pendidikan Nasional.
G. Kegiatan
Pembelajaran
Langkah-
langkah Model Discovery Learning
|
Kegiatan
Guru
|
Deskripsi
kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Guru mengucapkan salam pembuka kepada
siswa.
“Assalamu’alaikum
Wr.Wb”
|
Siswa Membalas salam dari guru.
“Wa’alaikum
salam Wr. Wb”
|
|
Guru menyiapkan situasi kelas dengan
menanya-kan “Hadir semua hari ini?”
|
Siswa
memberitahukan kehadirannya atau temannya
|
||
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
|
Siswa mendengarkan
tujuan pembelajaran.
|
Kegiatan Inti
Langkah-
langkah Model Discovery Learning
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Alokasi
Waktu
|
Fase 1:
Stimulation (Memberi Stimulus)
|
Guru memotivasi siswa dengan
menyajikan ma-salah.
“sebelum
kita memasuki materi yang dipelajari, ibu minta dua
siswa maju ke depan”
|
Siswa mengamati
demonstrasi yang diberikan oleh guru.
|
|
Fase 2
Problem Statement (Mengidentifikasi Masalah)
|
Guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk
menemukan/meng-identifikasi masalah yang terdapat pada fenomena yang terjadi.
|
Siswa diharuskan untuk menemukan permasalahan yang
terdapat pada materi cepat
rambat bunyi. Contoh permasalahn:
Ø Apa yang menyebabkan siswa yang A
dapat mendengarkan siswa B saat berbicara?
Ø Konsep fisika apa yang dapat
kalian amati pada fenomena alam yang terjadi tersebut?
|
|
Fase 3
Data Collecting (Mengumpulkan data).
|
Guru
membagi siswa dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 3 orang
|
Siswa
membentuk kelompok sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh guru
|
|
Guru
meminta masing-masing kelompok mengumpulkan berbagai literature dan referensi
yang mendukung pemecahan masalah yang mereka temukan berdasarkan hasil
demonstrasi.
|
Masing-masing
kelompok mengumpulkan berbagai literature dan referensi yang mendukung
pemecahan masalah yang mereka temukan berdasarkan hasil demonstrasi.
|
||
Guru
membagi LKS pada tiap kelompok.
|
Masing-masing
kelompok mendapatkan LKS yang dibagikan oleh guru
|
||
Guru
meminta masing-masing kelompok mengkaji LKS “Cepat Rambat Bunyi”
|
Masing-masing
kelompok mengkaji LKS “ Cepat Rambat Bunyi””
|
||
Guru
meminta siswa melakukan percobaan sesuai petunjuk LKS
|
Masing-masing
kelompok melakukan percobaan sesuai petunjuk LKS dan mencatat
hasil percobaan
|
||
Guru
meminta masing-masing kelompok mencatat hasil pengamatan yang mereka lakukan.
|
Masing-masing
kelompok mencatat hasil pengamatan yang mereka lakukan
|
||
Fase 4
Data
Processing (Mengolah
Data)
|
Guru
meminta siswa untuk berdiskusi dan mengolah data hasil percobaan dengan
bantuan pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada LKS
|
Masing-masing
kelompok berdiskusi mengolah data berdasarkan data pengamatan dan konsep yang
terkait pada buku maupun sumber-sumber lain yang relevan.
|
|
Fase 5
Verification (Memferifikasi)
|
Guru
mengarahkan peserta didik untuk menganalisis kebenaran dan keabsahan antara
informasi dari literature dan referensi dengan hasil percobaan
yang dipeoleh.
|
Masing-masing
kelompok berdiskusi mengenai informasi dari berbagai sumber data yang
didapatkan.
|
|
Guru
meminta masing-masing perwakilan dari anggota kelompok untuk mempresentasikan
hasil diskusi yang dilakukan
|
Tiap-tiap
perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
|
||
Fase
6 Generalization (Menyimpulkan)
|
Guru
membimbing peserta didik untuk menyimpulkan hasil diskusi yang dilakukan
|
Masing-masing
kelompok menyimpulkan hasil diskusi yang dilakukan.
|
Kegiatan Penutup
Langkah-
langkah Model Discovery Learning
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi
Waktu
|
Guru
meminta siswa untuk membuat kesimpulan dari percobaan yang telah dilakukan.
|
Siswa membuat
kesimpulan mengenai poin-poin penting yang telah dipelajari dengan bimbingan
guru dan mencatatnya.
|
||
Guru
memberikan tugas evaluasi berkaitan dengan konsep yang telah dipelajari.
|
Siswa menjawab soal
evaluasi yang diberikan guru.
|
||
Guru
menginformasikan kepada siswa materi yang akan dibahas pada pertemuan
selanjutnya.
|
Siswa mendengarkan
guru menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
|
||
Guru mengucapkan salam penutup.
Wassalamu’alaikum
Wr.Wb”
|
Siswa membalas salam yang diberikan
guru.
“Wa’alaikumssalam Wr.Wb”
|
H.
Penilaian
1. Teknik
penilaian : Tes kognitif,
afektif, dan psikomotorik
2. Instrument
penilaian : Lembar soal, observasi
sikap dan kinerja presentasi
Palangkaraya 11 April 2016
Mengetahui,
Pembimbing
|
Mahasiswa Praktikan
|
Hadma Yuliani, M.Pd
NIP. 199002172015032009
|
Elva riana sari
NIM. 1301130314
|
Lampiran
I
Instrumen
Penilaian Hasil Belajar
Mata Pelajaran :
Kelas/semester :
Topik :
Waktu Pelaksanaan :
PENILAIAN
PENGETAHUAN
Petunjuk
Pengisian:
Tuliskan
jawabanmu pada satu lembar kertas double folio dengan mencantumkan identitas
diri berupa nama, kelas, dan nomor absen di pojok kiri atas kertas double folio
tersebut.
Soal :
1. Jelaskan
pengertian
cepat rambat bunyi!
2. Tentukanlah laju bunyi diudara pada suhu 0
C, jika konstanta laplace 1,4!
3. Tentukan kecepatan perambatan gelombang bunyi didalam
air, jika diketahui modulus Bulk air 2,25 x 109 Nm-2 dan
massa jenis air 103kg/m-3. Tentukan pulsa panjang
gelombangnya, jika frekuensinya 1 kHz.
Kunci Jawaban :
No
|
Indikator Butir Soal
|
Aspek-aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Menjelaskan pengertian cepat
rambat bunyi.
|
Cepat rambat bunyi adalah hasil
bagi jarak yang ditempuh oleh gelombang bunyi persatuan waktu.
|
5
|
2
|
Tentukanlah laju bunyi diudara
pada suhu 0
|
Dik :
![]() |
6
|
ditanya
|
5
|
||
Penyelesaian :
|
9
|
||
10
|
|||
3
|
Tentukan kecepatan perambatan
gelombang bunyi didalam air, jika diketahui modulus Bulk air 2,25 x 109
Nm-2 dan massa jenis air 103kg/m-3. Tentukan
pulsa panjang gelombangnya, jika frekuensinya 1 kHz.
|
Diket :
B = 2,25 x109Nm-2,
F = 103Hz
|
6
|
Ditanya v =
….. ?
|
5
|
||
Penyelesaian
:
|
9
|
||
10
|
|||
4
|
Suatu gas ideal memiliki tekanan
6,4 x 105 Nm-2 dan rapat massanya 1,4 kg/m-3.
Jika diketahui tetapan laplace untuk gas tersebut 1,4, tertentukan kecepatan
perambatan gelombang bunyi didalam gas.
|
Diket :
P = 6,4 x 105
Nm-2
|
6
|
Ditanya v : …..?
|
5
|
||
Penyelesaian :
|
9
|
||
![]() |
10
|
Rekapitulasi Hasil
Penilaian Tes Uraian Peserta Didik
No
|
Nama
|
No Soal
|
Skor Total
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
Lampiran II
Instrumen
Penilaian Hasil Belajar
Mata Pelajaran :
Kelas/semester :
Topik :
Waktu Pelaksanaan :
Petunjuk Pengisian :
Berilah tanda ( √ ) pada kolom dibawah ini dengan mengacu pada rubrik penilaian
afektif !
PENILAIAN
SIKAP (AFEKTIF)
No
|
Nama
|
Bertanggungjawab
dengan setiap tugas yang diberikan kepadanya baik tugas individu maupun
kelompok
|
Menunjukkan
rasa ingin tahu
|
Menunjukkan
ketekunan dalam belajar baik secara individu maupun kelompok
|
|||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
Lembar
Observasi Penilaian Sikap (Afektif)
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
Rubrik
|
1
|
Mengagumi
alam semesta dan seisinya sebagai ciptaan Tuhan
|
4
|
Bertanggung jawab dengan setiap tugas yang diberikan kepadanya baik tugas
individu maupun kelompok
|
3
|
Bertanggung jawab dengan setiap tugas yang diberikan.
|
||
2
|
Cukup
bertanggungjawab dengan setiap tugas yang diberikan kepadanya baik tugas
individu maupun kelompok.
|
||
1
|
Kurang
bertanggungjawab dengan setiap tugas yang diberikan kepadanya baik tugas
individu maupun kelompok.
|
||
2
|
Menunjukkan
rasa ingin tahu
|
4
|
Menunjukkan
rasa ingin tahu yang besar, sangat antusias, telibat sangat aktif dalam
kegiatan belajar
|
3
|
Menunjukkan
rasa ingin tahu, antusias, telibat aktif dalam kegiatan belajar
|
||
2
|
Cukup
menunjukkan rasa ingin tahu, antusias, telibat aktif dalam kegiatan kelompok
apabila disuruh
|
||
1
|
Tidak
menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias ,sulit telibat aktif dalam kegiatan
belajar walaupun sudah disuruh
|
||
3
|
Menunjukkan
ketekunan dalam belajar baik secara individu maupun kelompok
|
4
|
Sangat
tekun menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik dan tepat waktu menyelesaikan
tugasnya
|
3
|
Tekun
menyelesaikan tugas dengan hasil yang baik dan tepat waktu menyelesaikan
tugasnya
|
||
2
|
Cukup
tekun menyelesaikan tugas dengan hasil
cukup baik
|
||
1
|
Tidak
berupaya dengan sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang diberikan
sesuai jadwal yang telah disepakati
|
Lampiran III
Berilah tanda ( √
) pada kolom dibawah ini dengan mengacu pada rubrik penilaian psikomotorik !
INSTRUMENT PENILAIAN
KETERAMPILAN
(PSIKOMOTORIK)
No
|
Nama
|
Membuat
langkah
– langkah percobaan
|
Mendisain
alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah pada percobaan
|
Membuat
kesimpulan Percobaan
|
|||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
Lembar
Observasi sikap (Psikomotorik)
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
Rubrik
|
1
|
Membuat
langkah-langkah Percobaan saat diberikan alat dan bahan
|
4
|
Sangat berperan
aktif dalam membuat langkah-langkah percobaan saat diberikan alat dan bahan
|
3
|
Berperan aktif
dalam membuat langkah-langkah percobaan saat diberikan alat dan bahan.
|
||
2
|
Cukup berperan
aktif dalam membuat langkah-langkah percobaan saat diberikan alat dan bahan.
|
||
1
|
Kurang berperan
aktif dalam membuat langkah-langkah percobaan saat diberikan alat dan bahan.
|
||
2
|
Mendisain alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah pada percobaan.
|
4
|
Sangat teliti dalam
mendisain alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah pada percobaan.
|
3
|
Teliti dalam
mendisain alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah pada percobaan.
|
||
2
|
Cukup teliti dalam
mendisain alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah pada percobaan.
|
||
1
|
Tidak teliti dalam mendisain alat dan bahan
percobaan untuk memecahkan masalah pada percobaan.
|
||
3
|
Membuat kesimpulan percobaan.
|
4
|
Sangat berfikir
kritis dalam membuat kesimpulan percobaan yang telah dilakukan.
|
3
|
Berfikir kritis
dalam membuat kesimpulan percobaan yang telah dilakukan.
|
||
2
|
Cukup berfikir
kritis dalam membuat kesimpulan percobaan yang telah dilakukan.
|
||
1
|
Tidak berfikir
kritis dalam membuat kesimpulan percobaan yang telah dilakukan.
|
Nama
Kelompok : ……………..
Anggota kelompok : 1…………….
2…………….
3…………….
A.
Analogi
B. Rancangan
Eksperimen
Petunjuk :
Cermatilah analogi diatas !
1. Alat
dan Bahan
Alat dan bahan
|
Jumlah
|
2. Pertanyaan
diskusi
1.
Dari permasalahan diatas, buatlah rancangan percobaan dari masalah
diatas!
2.
Berdasarkan hasil pengamatanmu, faktor apa yang menyebabkan mengapa anak
A dapat mendengar suara anak B sesuai
dengan percobaanmu?
3. Kesimpulan
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………



Tidak ada komentar:
Posting Komentar