Minggu, 08 Mei 2016

RPP MATERI GELOMBANG BUNYI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Up Ribbon: LEMBAR KERJA SISWA
Cepat Rambat Bunyi
          Satuan Pendidikan      : SMA
          Mata Pelajaran            :  FISIKA
          Kelas/Semester            :  XII (Sebelas) /  III (Satu)
Materi Pokok              :  Gelombang Bunyi
Sub Materi                  :  Cepat Rambat Bunyi
Alokasi Waktu            :  1 x 15 Menit
A.    Kompetensi Inti
KI 1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.                 Kompetensi Dasar
2.1       Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggungjawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.2       Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.1       Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi.
4.1              Merencanakan dan melaksanakan percobaan interferensi cahaya.

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2.1        Siswa mampu menunjukkan rasa syukur terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa melalui fenomena mendengar dalam kehidupan sehari-hari melalui materi cepat rambat bunyi.
2.1.1        Siswa mampu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi untuk memecahkan setiap masalah dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.1.2        Siswa mampu menunjukkan ketekunan dalam setiap aktivitas belajar baik kelompok maupun individual.      
2.1.3        Siswat mampu memiliki rasa tangung jawab dalam aktivitas belajar baik kelompok sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan, melapor, dan berdiskusi.
3.1.1        Siswa mampu menjelaskan pengertian cepat rambat bunyi berdasarkan materi yang telah di sampaikan oleh guru.
3.1.2        Siswa mampu menghitung cepat rambat bunyi pada zat cair melalui rumus yang dijelaskan oleh guru didalam materi.
3.1.3        Siswa mampu menghitung cepat rambat bunyi pada zat padat melalui rumus yang dijelaskan oleh guru didalam materi.
3.1.4        Siswa mampu menghitung cepat rambat bunyi pada zat gas melalui rumus yang dijelaskan oleh guru didalam materi.
4.7.1        Siswa mampu mendesain alat dan bahan percobaan cepat rambat bunyi diudara untuk memecahkan masalah pada lks.
4.7.2        Siswa mampu membuat langkah-langkah percobaan yang berkaitan dengan percobaan untuk menyelesaikan masalah percobaan.
4.7.3        Siswa mampu menarik kesimpulan data hasil pengamatan mengenai percobaan cepat rambat bunyi pada udara.

D.    Materi Ajar
Cepat Rambat Bunyi
            bunyi adalah  getaran yang dapat ditransmisikan oleh air, atau material lain sebagai medium (perantara). Bunyi merupakan gelombang longitudinal dan ditandai dengan frekuensi intensitas ( loudness), dan kualitas. Kecepatan bunyi bergantung pada transmisi oleh mediumnya.
Cepat rambat bunyi adalah hasil bagi jarak yang ditempuh bunyi oleh gelombang bunyi persatuan waktu. Secara matematis Cepat rambat bunyi dapat dituliskan :
Diman :
v = cepat rambat bunyi
s = jarak (m)
t = waktu (s)
a.       Cepat rambat bunyi pada zat padat
Modulus elastisitas atau modulus Young adalah perbandingan antara tegangan (stress) dengan regangan (strain) dari suatu benda.
Gelombang bunyi yang merambat  dalam medium zat padat memiliki cepat rambat yang besarnya dipengaruhi oleh modulus Young dan massa jenis  zat, yang dirumuskan
…………………………… 1.1
Dengan E adalah modulus elastisitas Young  ( N/m2) dan  adalah menjatakan massa jenis zat padat (kg/m3).
b.      Cepat Rambat Bunyi pada Zat cair
Laju gelombang bunyi  dalam suatu medium yang memiliki modulus curah β (bulk- modulus) dan rapat massa dinyatakan oleh persamaan:
………………………..1.2
dengan ρ  adalah massa jenis zat cair, dan β  adalah modulus curah, yang menyatakan perbandingan tekanan pada sebuah benda terhadap fraksi penurunan  volume (N/m2).
c.       Cepat Rambat Bunyi pada Gas
Kecepatan bunyi untuk gas, nilai E yang memengaruhi cepat rambat bunyi pada  zat padat setara dengan modulus bulk adiabatis, yaitu:
………………...…….1.3
dengan  P  adalah tekanan gas  dan  γ  adalah nisbah kapasitas terminal molar. Ini setara dengan:
……………………1.4
dengan:
R = tetapan molar gas (J/mol K)
M= massa satu mol gas
T = suhu termodinamika (K)
= cepat rambat bunyi (m/s)
Sementara itu,  γ  merupakan konstanta yang bergantung pada jenis gas, untuk udara mempunyai nilai 1,4.

E.     Pendekatan dan Model Pembelajaran
Pendekatan                 : Scientific Learning
Model                          : Discovery Learning
Metode                        : Eksperimen, Diskusi, dan Presentasi

F.     Media, Alat dan Sumber Belajar
1.      Media
Ø  Papan Tulis
Ø  Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø  Lembar penilaian
Ø  Spidol 
Ø  Penghapus
2.      Alat/Bahan
Ø  Benang
Ø  Kaleng
3.      Sumber belajar
Ø  Joko Budiyanto.2009. Fisika Untuk SMA kelas XII.Jakarta: Pusat Perbukuan. Departemen Pendidikan Nasional.
G.    Kegiatan Pembelajaran
Langkah- langkah Model Discovery Learning
Kegiatan Guru
Deskripsi kegiatan
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan




Guru mengucapkan salam pembuka kepada siswa.
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Siswa Membalas salam dari guru.
Wa’alaikum salam Wr. Wb
menit
Guru menyiapkan situasi kelas dengan menanya-kan “Hadir semua hari ini?”
Siswa memberitahukan kehadirannya atau temannya
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Siswa mendengarkan tujuan pembelajaran.

Kegiatan Inti
Langkah- langkah Model Discovery Learning
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu
Fase 1:
Stimulation (Memberi Stimulus)
Guru memotivasi siswa dengan menyajikan ma-salah.
“sebelum kita memasuki materi yang dipelajari, ibu minta dua siswa maju ke depan
Siswa mengamati demonstrasi yang diberikan oleh guru.














 menit
Fase 2
Problem Statement (Mengidentifikasi Masalah)
Guru memberikan kesempatan kepada siswa  untuk menemukan/meng-identifikasi masalah yang terdapat pada fenomena yang terjadi.
Siswa diharuskan untuk menemukan permasalahan yang terdapat pada materi cepat rambat bunyi. Contoh permasalahn:
Ø Apa yang menyebabkan siswa yang A dapat mendengarkan siswa B saat berbicara?
Ø Konsep fisika apa yang dapat kalian amati pada fenomena alam yang terjadi tersebut?
Fase 3
Data Collecting (Mengumpulkan data).
Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 3 orang
Siswa membentuk kelompok sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh guru

Guru meminta masing-masing kelompok mengumpulkan berbagai literature dan referensi yang mendukung pemecahan masalah yang mereka temukan berdasarkan hasil demonstrasi.
Masing-masing kelompok mengumpulkan berbagai literature dan referensi yang mendukung pemecahan masalah yang mereka temukan berdasarkan hasil demonstrasi.
Guru membagi LKS pada tiap kelompok.
Masing-masing kelompok mendapatkan LKS yang dibagikan oleh guru
Guru meminta masing-masing kelompok mengkaji LKS Cepat Rambat Bunyi
Masing-masing kelompok mengkaji LKS Cepat Rambat Bunyi
Guru meminta siswa melakukan percobaan sesuai petunjuk LKS
Masing-masing kelompok melakukan percobaan sesuai petunjuk LKS dan mencatat hasil percobaan
Guru meminta masing-masing kelompok mencatat hasil pengamatan yang mereka lakukan.
Masing-masing kelompok mencatat hasil pengamatan yang mereka lakukan
Fase 4
 Data Processing (Mengolah Data)
Guru meminta siswa untuk berdiskusi dan mengolah data hasil percobaan dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada LKS
Masing-masing kelompok berdiskusi mengolah data berdasarkan data pengamatan dan konsep yang terkait pada buku maupun sumber-sumber lain yang relevan.
Fase 5
Verification (Memferifikasi)
Guru mengarahkan peserta didik untuk menganalisis kebenaran dan keabsahan antara informasi dari literature dan referensi dengan hasil percobaan yang dipeoleh.
Masing-masing kelompok berdiskusi mengenai informasi dari berbagai sumber data yang didapatkan.

Guru meminta masing-masing perwakilan dari anggota kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi yang dilakukan
Tiap-tiap perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
Fase 6 Generalization (Menyimpulkan)
Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan hasil diskusi yang dilakukan
Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusi yang dilakukan.

Kegiatan Penutup
Langkah- langkah Model Discovery Learning
Kegiatan Guru

Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu

Guru meminta siswa untuk membuat kesimpulan dari percobaan yang telah dilakukan.

Siswa membuat kesimpulan mengenai poin-poin penting yang telah dipelajari dengan bimbingan guru dan mencatatnya.

menit
Guru memberikan tugas evaluasi berkaitan dengan konsep yang telah dipelajari.
Siswa menjawab soal evaluasi yang diberikan guru.
Guru menginformasikan kepada siswa materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Siswa mendengarkan guru menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Guru mengucapkan salam penutup.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb”
Siswa membalas salam yang diberikan guru.
“Wa’alaikumssalam Wr.Wb”

H.      Penilaian
1.      Teknik penilaian           : Tes kognitif, afektif, dan psikomotorik
2.      Instrument penilaian     : Lembar soal, observasi sikap dan kinerja presentasi

Palangkaraya 11 April 2016
Mengetahui,
Pembimbing

                  Mahasiswa  Praktikan







Hadma Yuliani, M.Pd
NIP. 199002172015032009
Elva riana sari
NIM. 1301130314

















Lampiran I
Instrumen Penilaian Hasil Belajar
Mata Pelajaran                        :
Kelas/semester                        :
Topik                                       :
Waktu Pelaksanaan                 :
PENILAIAN PENGETAHUAN
          Petunjuk Pengisian:
Tuliskan jawabanmu pada satu lembar kertas double folio dengan mencantumkan identitas diri berupa nama, kelas, dan nomor absen di pojok kiri atas kertas double folio tersebut.
Soal :
1.      Jelaskan pengertian cepat rambat bunyi!
2.      Tentukanlah laju bunyi diudara pada suhu 0C, jika konstanta laplace  1,4!
3.      Tentukan kecepatan perambatan gelombang bunyi didalam air, jika diketahui modulus Bulk air 2,25 x 109 Nm-2 dan massa jenis air 103kg/m-3. Tentukan pulsa panjang gelombangnya, jika frekuensinya 1 kHz.

Kunci Jawaban :
No
Indikator Butir Soal
Aspek-aspek yang dinilai
Skor
1
Menjelaskan pengertian cepat rambat bunyi.
Cepat rambat bunyi adalah hasil bagi jarak yang ditempuh oleh gelombang bunyi persatuan waktu.
5

2
Tentukanlah laju bunyi diudara pada suhu 0 C, jika konstanta laplace  1,4!

   Dik :
6
ditanya
5
Penyelesaian :
9
10
3
Tentukan kecepatan perambatan gelombang bunyi didalam air, jika diketahui modulus Bulk air 2,25 x 109 Nm-2 dan massa jenis air 103kg/m-3. Tentukan pulsa panjang gelombangnya, jika frekuensinya 1 kHz.
Diket :
B = 2,25 x109Nm-2,  = 103kg/m-3
F = 103Hz
6
Ditanya v = ….. ?
5
Penyelesaian :
9

10
4
Suatu gas ideal memiliki tekanan 6,4 x 105 Nm-2 dan rapat massanya 1,4 kg/m-3. Jika diketahui tetapan laplace untuk gas tersebut 1,4, tertentukan kecepatan perambatan gelombang bunyi didalam gas.
Diket :
P = 6,4 x 105 Nm-2
 = 1,4 kg/m-3
 = 1,4

6

Ditanya v : …..?
5
Penyelesaian :
9
10

Rekapitulasi  Hasil  Penilaian Tes Uraian Peserta Didik
    No
     Nama
No Soal
Skor Total
1
2
3
4

1






2






3






4






5






6














Lampiran II
Instrumen Penilaian Hasil Belajar
Mata Pelajaran          :
Kelas/semester          :
Topik                         :
Waktu Pelaksanaan   :

Petunjuk Pengisian :
Berilah tanda ( √ ) pada kolom dibawah ini dengan mengacu pada rubrik penilaian afektif !
PENILAIAN SIKAP (AFEKTIF)
No
Nama
Bertanggungjawab dengan setiap tugas yang diberikan kepadanya baik tugas individu maupun kelompok
Menunjukkan rasa ingin tahu
Menunjukkan ketekunan dalam belajar baik secara individu maupun kelompok
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1





















































































Lembar Observasi Penilaian Sikap (Afektif)
No
Aspek yang dinilai
Skor
Rubrik
1
Mengagumi alam semesta dan seisinya sebagai ciptaan Tuhan
4
Bertanggung jawab dengan setiap tugas yang diberikan kepadanya baik tugas individu maupun kelompok
3
Bertanggung jawab dengan setiap tugas yang diberikan.
2
Cukup bertanggungjawab dengan setiap tugas yang diberikan kepadanya baik tugas individu maupun kelompok.
1
Kurang bertanggungjawab dengan setiap tugas yang diberikan kepadanya baik tugas individu maupun kelompok.
2
Menunjukkan rasa ingin tahu
4
Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, sangat antusias, telibat sangat aktif dalam kegiatan belajar
3
Menunjukkan rasa ingin tahu, antusias, telibat aktif dalam kegiatan belajar
2
Cukup menunjukkan rasa ingin tahu, antusias, telibat aktif dalam kegiatan kelompok apabila disuruh
1
Tidak menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias ,sulit telibat aktif dalam kegiatan belajar walaupun sudah disuruh
3
Menunjukkan ketekunan dalam belajar baik secara individu maupun kelompok
4
Sangat tekun menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik dan tepat waktu menyelesaikan tugasnya
3
Tekun menyelesaikan tugas dengan hasil yang baik dan tepat waktu menyelesaikan tugasnya
2
Cukup tekun menyelesaikan tugas dengan hasil  cukup baik
1
Tidak berupaya dengan sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang diberikan sesuai jadwal yang telah disepakati















Lampiran III
Berilah tanda ( √ ) pada kolom dibawah ini dengan mengacu pada rubrik penilaian psikomotorik !
INSTRUMENT PENILAIAN KETERAMPILAN
(PSIKOMOTORIK)
No
Nama
Membuat
langkah – langkah percobaan
 Mendisain alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah pada percobaan
Membuat kesimpulan Percobaan
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1





















































































Lembar Observasi sikap (Psikomotorik)
No
Aspek yang dinilai
Skor
Rubrik
1
Membuat langkah-langkah Percobaan saat diberikan alat dan bahan
4
Sangat berperan aktif dalam membuat langkah-langkah percobaan saat diberikan alat dan bahan
3
Berperan aktif dalam membuat langkah-langkah percobaan saat diberikan alat dan bahan.
2
Cukup berperan aktif dalam membuat langkah-langkah percobaan saat diberikan alat dan bahan.
1
Kurang berperan aktif dalam membuat langkah-langkah percobaan saat diberikan alat dan bahan.
2
Mendisain alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah pada percobaan.
4
Sangat teliti dalam mendisain alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah pada percobaan.
3
Teliti dalam mendisain alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah pada percobaan.
2
Cukup teliti dalam mendisain alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah pada percobaan.
1
Tidak  teliti dalam mendisain alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah pada percobaan.
3
Membuat kesimpulan percobaan.
4
Sangat berfikir kritis dalam membuat kesimpulan percobaan yang telah dilakukan.
3
Berfikir kritis dalam membuat kesimpulan percobaan yang telah dilakukan.
2
Cukup berfikir kritis dalam membuat kesimpulan percobaan yang telah dilakukan.
1
Tidak berfikir kritis dalam membuat kesimpulan percobaan yang telah dilakukan.




 



Nama Kelompok              : ……………..
       Anggota kelompok          : 1…………….
                                                  2…………….
                                                  3…………….
A.       Analogi
Horizontal Scroll:  Pada suatu hari ada 2 anak sedang bermain telepon kaleng yang terbuat dari 2 kaleng bekas yang dihubungkan dengan benang. Dari permainan diatas ada beberapa hal yang berkaitan didalamnya. Menurut kalian konsep fisika apa yang terdapat pada permainan kaleng tersebut? 




B.       Rancangan Eksperimen
Petunjuk     : Cermatilah analogi diatas !
1.      Alat dan Bahan
Alat dan bahan

Jumlah









2.      Pertanyaan diskusi
1.        Dari permasalahan diatas, buatlah rancangan percobaan dari masalah diatas!
2.        Berdasarkan hasil pengamatanmu, faktor apa yang menyebabkan mengapa anak A dapat mendengar  suara anak B sesuai dengan percobaanmu?
3.      Kesimpulan
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………













Tidak ada komentar:

Posting Komentar