RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA
Mata
Pelajaran : FISIKA
Kelas/Semester : XII (Duabelas)
/ 2 (Dua)
Sub Materi : konfigurasi Elektron
Alokasi
Waktu : 1 x 15 Menit
A. Kompetensi Inti
KI 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4. Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
1.1
Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai
wujud kebesaran Tuhan Yang
Maha Esa
dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran
kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti,
bertanggung jawab, kritis,kreatif, inopatif, demokratis,
komunikatif ) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang
diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
3.4 Menganalisis
hubungan konfigurasi elektron dan diagram orbital untuk menentukan
letak unsur dalam tabel periodik dan sifat-sifat periodik unsur.
4.4 Menyajikan hasil analisis
hubungan konfigurasi elektron dan diagram orbital untuk menentukan letak
unsur dalam tabel periodik dan sifat-sifat periodik unsur.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1
Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai
wujud kebesaran Tuhan Yang
Maha Esa
dan pengetahuan tentang struktur partikel materi.
2.1.1
Siswa mampu menunjukkan rasa ingin tahu yang tinggi untuk
memecahkan setiap masalah dalam berdiskusi.
2.1.2
Siswa mampu menunjukkan ketekunan dalam setiap
aktivitas belajar baik kelompok maupun individual.
2.1.3
Siswa mampu menunjukkan rasa tangung jawab dalam aktivitas belajar baik
kelompok sebagai
wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan, melapor, dan berdiskusi.
3.4.1
Siwa mampu menyebutkan prinsip larangan
Pauli berdasarkan materi yang telah disampaikan oleh guru.
3.4.2
Siswa mampu menjelaskan aturan Hund
berdasarkan materi yang disampaikan oleh guru.
3.4.3
Siswa mampu menentukan
konfigurasi elektron dengan aturan Aufbau berdasarkan materi yang disampaikan
oleh guru.
3.4.4
Siswa mampu menentukan
konfigurasi elektron untuk menyelesaiakan masalah pada LDS melalui diskusi.
3.4.5
Siswa
mampu menyimpulkan data hasil diskusi mengenai konfigurasi elektron atom berdasarkan
hasil pengamatan.
D.
Materi Ajar
KONFIGURSI ELEKTRON
Konfigurasi
elektron menggambarkan penataan elektron-elektron dalam suatu atom. Pada penulisan konfigurasi elektron perlu
dipertimbangkan tiga aturan (asas), yaitu prinsip Aufbau, asas Larangan
Pauli, dan kaidah Hund.
1. Prinsip Larangan Pauli
Pada tahun 1925 Wolfgang Pauli merumuskan keadaan
elektron yang dikenal dengan prinsip larangan Pauli. Pauli menyatakan bahwa “tidak
ada dua buah elektron dalam suatu atom yang mempunyai empat bilangan kuantum
yang sama”. Konsekuensi prinsip larangan Pauli terhadap struktur atom
adalah:
1) jumlah maksimum elektron pada bilangan kuantum
utama (n) adalah 2n2
2) jumlah maksimum bilangan kuantum orbital (
)adalah 2(2
+ 1)
Dengan adanya larangan
pauli ini maka masing-masing subkulit hanya memiliki 2 elektron dalam tiap
orbitalnya.
Sub Kulit s
memiliki 1 orbital yang bisa menampung 2 elektron.
Sub Kulit p
memiliki 3 orbital yang bisa menampung 6 elektron
Sub Kulit d
memiliki 5 orbital yang mampu menampung 10 elektron.
Sub Kulit f
memiliki 7 orbital yang mempu menampung 14 elektron.
2. Aturan Hund
Frederick Hund, 1927 (dikenal Hund)
menyatakan bahwa“Proses
pengisian elektron ke dalam orbital pertama kali akan mengisi semua orbital
dengan tingkat energi yang sama terlebih dahulu sebelum memasangkan dengan elektron
lain di orbital yang setengah penuh”. Jadi tidak boleh mengisi langsung dua elektron
pada satu orbital yang sama.
3. Aturan
Aufbau
Aufbau
adalah kata dalam bahasa jerman “Aufbauen” yang artinya membangun. Menurut aturan ini, elektron dalam atom
harus memiliki energi terendah, artinya elektron harus terlebih dahulu menghuni
orbital dengan energi terendah.
E. Pendekatan dan Model Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Learning
Model : STAD
Metode :Demonstrasi, Diskusi, dan Tanya jawab
F. Media, Alat dan Sumber Belajar
1. Media
Ø Papan Tulis
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø Lembar
penilaian
Ø Spidol
Ø Penghapus
Ø PPT
Ø LCD
2.
Sumber belajar
Ø Siswant sukaryadi .2014. Fisika Untuk SMA
kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan. Departemen Pendidikan Nasional.
G. Kegiatan
Pembelajaran
|
Sintak
model
STAD
|
DiskripsiKegiatan
|
alokasi
Waktu
|
|||
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
||||
|
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
|
1. Mengucapkan salam kepada siswa.
“Selamat
pagi/siang anak-anak”
|
Membalas salam dari guru.
“selamat pagi/siang Bu”
|
2
menit
|
||
|
2. Guru
menyiapkan situasi kelas dengan menanyakan “apakah ada siswa yang tidak
hadir?”
|
Menjawab pertanyaan guru
|
||||
|
3. Memotivasi
siswa.“sebelum kita memasuki materi
yang dipelajari, ibu ingin menanyakan :
“Siapa
yang tau apa itu Atom?
Apakah kalian tau atom itu seperti kue lapis yang
berbentuk bola, bias dibayangkan? Lapis itu disebut dengan subkulit yang
disetiap kulit terdapat elektron.
|
Siswa memperhatikan dan menjawab pertanyaan.
|
||||
|
4. Menuliskan
judul materi pembelajaran pada papan tulis.
|
Menulis di buku catatan tentang materi pokok
yang akan dipelajari.
|
||||
|
KEGIATAN INTI (11 menit)
|
|||||
|
Menyampaikan Informasi
|
5. Menyampai informasi kepada siswa dengan meng-eksplorasi dan mengapresiasi pengetahuan
awal siswa tentang aturan penempatan unsur – unsur elektron.
|
Menjawab pertanyaan guru (harapan guru siswa
menjawab sesuai dengan pengetahuan
awal yang sudah mereka miliki).
|
4
menit
|
||
|
Mengorganisasikan siswa dalam
kelompok-kelompok belajar
|
6. Mengorganisasikan
siswa ke dalam beberapa kelompok.”selanjutnya
ibu akan membagi kalian dalam beberapa kelompok, yang ibu sebutkan namanya silahkan segera bergabung
membentuk kelompok. Kelompok 1:...
|
Membentuk kelompok heterogen
|
1
menit
|
||
|
7. Mengorganisasikan
tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut, dan memberikan LKD
kepada siswa
|
Siswa menerima LKD yang diberikan guru
|
|
|||
|
Membimbing kelompok
bekerja dan belajar
|
8. Memeriksa
dan memberikan bimbingan terhadap LKD
yang dikerjakan siswa
|
Menganalisis LKD yang telah diberikan
|
1
menit
|
||
|
9. Memberikan
kesempatan dan memperhatikan siswa
dalam mempresentasikan hasil diskusi
|
Mempresentasikan hasil diskusi yang telah
dilakukan.
|
1
menit
|
|||
|
10. Memberikan
kesempatan pada kelompok lain untuk menanggapi hasil presentasi kelompok.
|
Menanggapi hasil presentasi kelompok
|
|
|||
|
2 Memberikan korelasi dan penguatan konsep yang
telah dipelajari terkait prinsip larangan pauli,
aturan hund, dan aturan aufbau.
|
Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan
guru
|
1
menit
|
|||
|
Evaluasi
|
3
memberikan evaluasi pemberian soal untuk dikerjakan
di rumah
|
Menerima evaluasi melalui pemberian soal
untuk dikerjakan di rumah
|
1
menit
|
||
|
Memberikan Penghargaan
|
4 Memberikan
penghargaan kepada masing-masing kelompok yang sesuai dengan skor yang
diperoleh.
|
Menerima penghargaan kelompok.
|
2
menit
|
||
|
PENUTUP
(2 menit)
|
|||||
|
|
5 Membuat
kesimpulan dari percobaan yang telah dilakukan.
“selanjutnya,
dapat kita simpulkan dari rangkaian kegiatan yang telah kita lakukan tadi
bahwa....”
|
Mencatat kesimpulan.
|
1
menit
|
||
|
|
6 Mengucapkan
salam penutup.
“pembelajaran kita cukup hari ini, pertemuan selanjutnya
kita akan membahas tentang Resistor selamat pagi/siang”
|
Membalas salam yang diberikan guru.
“selamat
siang/pagi bu”
|
1
menit
|
||
H.
Penilaian
1. Teknik
penilaian : Tes kognitif,
afektif, dan psikomotorik
2. Instrument
penilaian : Lembar soal, observasi
sikap dan kinerja presentasi
Palangkaraya
Mei 2016
|
Mengetahui,
Pembimbing
|
Mahasiswa
Praktikan
|
|
|
|
|
Wiwik Agustinaningsih, M.Pd
|
Elva Riana sari
NIM. 1301130314
|
Lampiran I
Instrumen Penilaian Hasil Belajar
Mata Pelajaran :
Kelas/semester :
Topik :
Waktu Pelaksanaan :
PENILAIAN PENGETAHUAN
Petunjuk Pengisian:
Tuliskan
jawabanmu pada satu lembar kertas double folio dengan mencantumkan identitas
diri berupa nama, kelas, dan nomor absen di pojok kiri atas kertas double folio
tersebut.
Soal :
1. Sebutkan prinsip larangan pauli ?
2. Jelaskan
mengenai aturan hand!
3. Tentukan konfigurasi elektron unsur-unsur berikut berdasarkan prinsip
Aufbau. 11Na , 15P , 26Fe , 36Kr
4. Berapakah
konfigurasi elektron berikut ini :
a. Na
b. Mg
Kunci Jawaban :
|
No
|
Indikator
Butir Soal
|
Aspek-aspek
yang dinilai
|
Skor
|
|
1
|
1. Sebutkan prinsip larangan pauli ?
|
larangan Pauli
menyatakan bahwa “tidak ada dua buah elektron dalam suatu atom yang
mempunyai empat bilangan kuantum yang sama”
|
15
|
|
2
|
1. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan aturan hand!
|
menyatakan bahwa“Proses pengisian elektron ke dalam orbital pertama
kali akan mengisi semua orbital dengan tingkat energi yang sama terlebih
dahulu sebelum memasangkan dengan elektron lain di orbital yang setengah
penuh”. Jadi tidak boleh mengisi langsung dua
elektron pada satu orbital yang sama.
|
15
|
|
3
|
Tentukan
konfigurasi elektron unsur-unsur berikut berdasarkan prinsip Aufbau. 11Na
, 15P , 26Fe , 36Kr
|
·
11Na : 1s1 2s2
2p6 3s1
·
15P : 1s1 2s2
2p6 3s2 3p3
·
26Fe : 1s1 2s2
2p6 3s2 3p6 4s2 3p6
·
36Kr : 1s1
2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d10
4p6
|
30
|
|
3
|
Berapakah
konfigurasi elektron berikut ini :
a. Na
|
1.
Diket : Na nomor atom 11
Dit : konfigurasi
e;lektron ?
Penyelesaian
11Na = 1s22s22p63s1
|
20
|
|
b. Mg
|
Diket : Mg nomor
atom 12
Dit : konfigurasi
e;lektron ?
Penyelesaian
12Mg = 1s22s22p63s2
|
20
|
Rekapitulasi Hasil Penilaian Tes Uraian Peserta Didik
|
No
|
Nama
|
No Soal
|
Skor Total
|
|||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran II
Instrumen Penilaian Hasil Belajar
Mata Pelajaran :
Kelas/semester :
Topik :
Waktu Pelaksanaan :
Petunjuk Pengisian :
Berilah tanda ( √ )
pada kolom dibawah ini dengan mengacu pada rubrik penilaian afektif !
PENILAIAN SIKAP (AFEKTIF)
|
No
|
Nama
|
Bertanggungjawab dengan setiap tugas yang diberikan kepadanya
baik tugas individu maupun kelompok
|
Menunjukkan rasa ingin tahu
|
Menunjukkan ketekunan dalam belajar baik secara individu
maupun kelompok
|
|||||||||
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar Observasi Penilaian Sikap (Afektif)
|
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Rubrik
|
|
1.
|
Menunjukkan rasa ingin tahu
|
4
|
Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar,
sangat antusias, telibat sangat aktif dalam kegiatan belajar
|
|
3
|
Menunjukkan rasa ingin tahu, antusias,
telibat aktif dalam kegiatan belajar
|
||
|
2
|
Cukup menunjukkan rasa ingin tahu, antusias,
telibat aktif dalam kegiatan kelompok apabila disuruh
|
||
|
1
|
Tidak menunjukkan rasa ingin tahu yang
besar, antusias ,sulit telibat aktif dalam kegiatan belajar walaupun sudah
disuruh
|
||
|
2.
|
Menunjukkan ketekunan dalam belajar baik
secara individu maupun kelompok
|
4
|
Sangat tekun menyelesaikan tugas dengan
hasil terbaik dan tepat waktu menyelesaikan tugasnya
|
|
3
|
Tekun menyelesaikan tugas dengan hasil yang
baik dan tepat waktu menyelesaikan tugasnya
|
||
|
2
|
Cukup tekun menyelesaikan tugas dengan
hasil cukup baik
|
||
|
1
|
Tidak berupaya dengan sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas yang diberikan sesuai jadwal yang telah disepakati
|
||
|
3.
|
Bertanggungjawab dengan setiap tugas yang diberikan kepadanya
baik tugas individu maupun kelompok
|
4
|
Bertanggung
jawab dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
|
|
3
|
Berupaya tepat waktu dalam
m,enyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya.
|
||
|
2
|
Cukup
berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas,dan tugasnya tidak selesai.
|
||
|
1
|
Tidak
berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas,dan tugasnya tidak selesai.
|
Lampiran II
Berilah tanda ( √ )
pada kolom dibawah ini dengan mengacu pada rubrik penilaian psikomotorik !
INSTRUMENT PENILAIAN KETERAMPILAN
(PSIKOMOTORIK)
|
Skor
|
Kemampuan/keterampilan yang dinilai skor
|
Keterampilan mengorganisasikan tugas, kerja, atau kegiatan
|
Ketetapan melaksanakan tugas
|
|
5
|
Peserta didik mempunyai pemahaman
yang jelas tentang maksud tugas yang diberikan.
|
Ia mampu mengorganisasikan tugas
dengan cara yang logis sesuai dengan perintah yang diberikan.
|
Peserta didik mengamati, men-catat dan mela-kukan
kegiatan-kegiatan lain dengan benar dan aman.
|
|
4
|
Peserta didik sedikit bantuan
untuk memahami tujuan mengerjakan LKD, dan tugas .
|
Ia mampu meng-ikuti instruksi tapi
membutuhkan be-berapa bantuan dalam mengem-bangkan prosuder kerja/ kegiatan
yang logis.
|
Pengamatan dan hasil kegiatan lainnya pada umumnya me-muaskan,
tapi ma-sih ada kesalahan dalam ketepatan mencatatatau membahas.
|
|
3
|
Peserta didik membutuhkan bantuan
secukupnya untuk memahami LKD, dan tugas serta dalam mengorganisasikan
kerjanya.
|
Ia mampu mengikut tugas/instruksi
jika diberikan sejumlah bantuan yang berarti.
|
Peserta didik banyak melakukan kesalahan, baik
pencatatan, dan ketepatan dalam pencatatan ataupun hasil kerja lainnya.
|
|
2
|
Peserta didik banyak bergantung
pada bantuan dan dukungan agar mampu memahami
materi, LKPD dan tugas/kegiatan yang diberikan, dan melakukannya.
|
Bantuan tetap dibutuhkan walau-pun
dalam instruksi yang sederhana. Ketidak tepatan dalam pengamatan ataupun
unsur-unsur hasil kerja lainnya.
|
Banyak pengamatan/unsur-unsur bahasa Input diamati
atau tidak dicatat, dibahas, dikerjakan.
|
|
1
|
Tidak memahami materi,LKD dan
tugas yang diberikan serta tidak mampu melaksanakan walaupun dengan bantuan.
|
Peserta didik tidak mampu
mengikuti suruhan/instruksi dari tugas yang diberikan.
|
Pengamatan atau unsur-unsur hasil kerja lainnya
tidak benar atau relevan dengan tugasnya.
|
Lembar Observasi sikap
(Psikomotorik)
Lembar penilaian kerja
|
No
|
Nama Peserta Didik
|
Tugas
|
Diskusi
|
||||||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LEMBAR DISKUSI SISWA
Konfigurasi elektron
K
|
Nama Kelompok : ……………..
Anggota kelompok :……………...
Tujuan :
1.
Menyebutkan prinsip larangan Pauli
2.
Menjelaskan aturan Hund
3.
Menentukan konfigurasi
elektron dengan aturan Aufbau
4.
menentukan konfigurasi
elektron
Kerjakan
soal berikut bersama kelompokmu!
Tentukan konfigurasi elektron dari atom-atom berikut!
1. Sebutkan
prinsip larangan pauli?
2. Jelaskan
bagaimana aturan hund
3.
Tentukan konfigurasi elektron dari 26Fe berdasarkan aturan aufbau
4. Tentukan
konfigurasi elektron dari 11Na dan 12Na
Jawaban
1. tidak ada dua buah
elektron dalam suatu atom yang mempunyai empat bilangan kuantum yang sama”
2. “Proses pengisian elektron ke dalam orbital
pertama kali akan mengisi semua orbital dengan tingkat energi yang sama
terlebih dahulu sebelum memasangkan dengan elektron lain di orbital yang
setengah penuh”. Jadi tidak boleh mengisi langsung dua elektron
pada satu orbital yang sama.
3. 1s1 2s2 2p6 3s2 3p6
4s2 3p6
4.
11Na = 1s22s22p63s1
12Na = 1s22s22p63s2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar