Minggu, 22 Mei 2016

RPP KONFIGURASI ELEKTRON ELVA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
          Satuan Pendidikan      : SMA
          Mata Pelajaran            :  FISIKA
          Kelas/Semester            :  XII (Duabelas) / 2 (Dua)
Sub Materi                  :  konfigurasi Elektron
Alokasi Waktu            :  1 x 15 Menit
A.    Kompetensi Inti
KI 1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
1.1              Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran  Tuhan Yang Maha Esa dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
2.1       Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis,kreatif, inopatif, demokratis, komunikatif ) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
3.4       Menganalisis hubungan konfigurasi elektron dan diagram orbital untuk menentukan letak unsur dalam tabel periodik dan sifat-sifat periodik unsur.
4.4       Menyajikan hasil analisis hubungan konfigurasi elektron dan diagram orbital untuk menentukan letak unsur dalam tabel periodik dan sifat-sifat periodik unsur.

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1        Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran  Tuhan Yang Maha Esa dan pengetahuan tentang struktur partikel materi.
2.1.1        Siswa mampu menunjukkan rasa ingin tahu yang tinggi untuk memecahkan setiap masalah dalam berdiskusi.
2.1.2        Siswa mampu menunjukkan ketekunan dalam setiap aktivitas belajar baik kelompok maupun individual.      
2.1.3        Siswa mampu menunjukkan rasa tangung jawab dalam aktivitas belajar baik kelompok sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan, melapor, dan berdiskusi.
3.4.1        Siwa mampu menyebutkan prinsip larangan Pauli berdasarkan materi yang telah disampaikan oleh guru.
3.4.2        Siswa mampu menjelaskan aturan Hund berdasarkan materi yang disampaikan oleh guru.
3.4.3        Siswa mampu menentukan konfigurasi elektron dengan aturan Aufbau berdasarkan materi yang disampaikan oleh guru.
3.4.4        Siswa mampu menentukan konfigurasi elektron untuk menyelesaiakan masalah pada LDS melalui diskusi.
3.4.5        Siswa mampu menyimpulkan data hasil diskusi mengenai konfigurasi elektron atom berdasarkan hasil pengamatan.




D.    Materi Ajar
KONFIGURSI ELEKTRON
Konfigurasi elektron menggambarkan penataan elektron-elektron dalam suatu atom. Pada penulisan konfigurasi elektron perlu dipertimbangkan tiga aturan (asas), yaitu prinsip Aufbau, asas Larangan Pauli, dan kaidah Hund.
1.      Prinsip Larangan Pauli
Pada tahun 1925 Wolfgang Pauli merumuskan keadaan elektron yang dikenal dengan prinsip larangan Pauli. Pauli menyatakan bahwa “tidak ada dua buah elektron dalam suatu atom yang mempunyai empat bilangan kuantum yang sama”. Konsekuensi prinsip larangan Pauli terhadap struktur atom adalah:
1) jumlah maksimum elektron pada bilangan kuantum utama (n) adalah 2n2
2) jumlah maksimum bilangan kuantum orbital (  )adalah 2(2  + 1)
Dengan adanya larangan pauli ini maka masing-masing subkulit hanya memiliki 2 elektron dalam tiap orbitalnya.
  Sub Kulit s memiliki 1 orbital yang bisa menampung 2 elektron.
  Sub Kulit p memiliki 3 orbital yang bisa menampung 6 elektron
  Sub Kulit d memiliki 5 orbital yang mampu menampung 10 elektron.
  Sub Kulit f memiliki 7 orbital yang mempu menampung 14 elektron.
2.      Aturan Hund
Frederick Hund, 1927 (dikenal Hund) menyatakan bahwaProses pengisian elektron ke dalam orbital pertama kali akan mengisi semua orbital dengan tingkat energi yang sama terlebih dahulu sebelum memasangkan dengan elektron lain di orbital yang setengah penuh. Jadi tidak boleh mengisi langsung dua elektron pada satu orbital yang sama.
3.      Aturan Aufbau
Aufbau adalah kata dalam bahasa jerman “Aufbauen” yang artinya membangun. Menurut aturan ini, elektron dalam atom harus memiliki energi terendah, artinya elektron harus terlebih dahulu menghuni orbital dengan energi terendah.

E.     Pendekatan dan Model Pembelajaran
Pendekatan                 : Scientific Learning
Model                          : STAD
Metode                        :Demonstrasi, Diskusi, dan Tanya jawab

F.     Media, Alat dan Sumber Belajar
1.      Media
Ø  Papan Tulis
Ø  Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø  Lembar penilaian
Ø  Spidol 
Ø  Penghapus
Ø  PPT
Ø  LCD
2.      Sumber belajar
Ø  Siswant sukaryadi .2014. Fisika Untuk SMA kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan. Departemen Pendidikan Nasional.

G.    Kegiatan Pembelajaran
Sintak
model STAD
DiskripsiKegiatan
alokasi Waktu
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa

1.     Mengucapkan  salam kepada siswa.
Selamat pagi/siang anak-anak
Membalas salam dari guru.
selamat pagi/siang Bu
2      menit

2.     Guru menyiapkan situasi kelas dengan menanyakan “apakah ada siswa yang tidak hadir?”
Menjawab pertanyaan guru
3.    Memotivasi siswa.“sebelum kita memasuki materi yang dipelajari, ibu ingin menanyakan :
Siapa yang tau apa itu Atom?
Apakah kalian tau atom itu seperti kue lapis yang berbentuk bola, bias dibayangkan? Lapis itu disebut dengan subkulit yang disetiap kulit terdapat elektron.

Siswa memperhatikan dan menjawab pertanyaan.

4.     Menuliskan judul materi pembelajaran pada papan tulis.

Menulis di buku catatan tentang materi pokok yang akan dipelajari.
KEGIATAN INTI (11 menit)
Menyampaikan Informasi
5.    Menyampai informasi kepada siswa dengan meng-eksplorasi dan mengapresiasi pengetahuan awal siswa tentang  aturan penempatan unsur – unsur elektron.
Menjawab pertanyaan guru (harapan guru siswa menjawab sesuai dengan pengetahuan  awal yang sudah mereka miliki).
4 menit
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar
6.    Mengorganisasikan siswa ke dalam beberapa kelompok.”selanjutnya ibu akan membagi kalian dalam beberapa kelompok, yang ibu  sebutkan namanya silahkan segera bergabung membentuk kelompok. Kelompok 1:...
Membentuk kelompok heterogen
1 menit
7.    Mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut, dan memberikan LKD kepada siswa
Siswa menerima LKD yang diberikan guru

Membimbing kelompok bekerja dan belajar
8.    Memeriksa dan memberikan bimbingan terhadap LKD  yang dikerjakan siswa
Menganalisis  LKD yang telah diberikan
1 menit
9.    Memberikan kesempatan dan memperhatikan  siswa dalam mempresentasikan hasil diskusi
Mempresentasikan hasil diskusi yang telah dilakukan.
1  menit
10.  Memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk menanggapi hasil presentasi kelompok.
Menanggapi hasil presentasi kelompok

2      Memberikan korelasi dan penguatan konsep yang telah dipelajari terkait prinsip larangan pauli, aturan hund, dan aturan aufbau.
Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru
1 menit
Evaluasi
3      memberikan evaluasi pemberian soal untuk dikerjakan di rumah
Menerima evaluasi melalui pemberian soal untuk dikerjakan di rumah
1 menit
Memberikan Penghargaan
4      Memberikan penghargaan kepada masing-masing kelompok yang sesuai dengan skor yang diperoleh.
Menerima penghargaan kelompok.
2 menit
PENUTUP (2 menit)

5      Membuat kesimpulan dari percobaan yang telah dilakukan.
selanjutnya, dapat kita simpulkan dari rangkaian kegiatan yang telah kita lakukan tadi bahwa....”
Mencatat kesimpulan.
1   menit

6      Mengucapkan salam penutup.
pembelajaran kita cukup hari ini, pertemuan selanjutnya kita akan membahas tentang Resistor selamat pagi/siang”
Membalas salam yang diberikan guru.
selamat siang/pagi bu”
1 menit







H.      Penilaian
1.      Teknik penilaian           : Tes kognitif, afektif, dan psikomotorik
2.      Instrument penilaian     : Lembar soal, observasi sikap dan kinerja presentasi

Palangkaraya  Mei 2016
Mengetahui,
Pembimbing
Mahasiswa  Praktikan





Wiwik Agustinaningsih, M.Pd
Elva Riana sari
NIM. 1301130314
Lampiran I
Instrumen Penilaian Hasil Belajar
Mata Pelajaran                        :
Kelas/semester                        :
Topik                                       :
Waktu Pelaksanaan                 :
PENILAIAN PENGETAHUAN
          Petunjuk Pengisian:
Tuliskan jawabanmu pada satu lembar kertas double folio dengan mencantumkan identitas diri berupa nama, kelas, dan nomor absen di pojok kiri atas kertas double folio tersebut.
Soal :
1.      Sebutkan prinsip larangan pauli ?
2.      Jelaskan mengenai aturan hand!
3.      Tentukan konfigurasi elektron unsur-unsur berikut berdasarkan prinsip Aufbau. 11Na , 15P , 26Fe , 36Kr
4.      Berapakah konfigurasi elektron berikut ini :
a.       Na
b.      Mg

Kunci Jawaban :
No
Indikator Butir Soal
Aspek-aspek yang dinilai
Skor
1
1.     Sebutkan prinsip larangan pauli ?

larangan Pauli menyatakan bahwa “tidak ada dua buah elektron dalam suatu atom yang mempunyai empat bilangan kuantum yang sama
15

2
1.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan aturan hand!

menyatakan bahwaProses pengisian elektron ke dalam orbital pertama kali akan mengisi semua orbital dengan tingkat energi yang sama terlebih dahulu sebelum memasangkan dengan elektron lain di orbital yang setengah penuh. Jadi tidak boleh mengisi langsung dua elektron pada satu orbital yang sama.
15
3
Tentukan konfigurasi elektron unsur-unsur berikut berdasarkan prinsip Aufbau. 11Na , 15P , 26Fe , 36Kr

·         11Na : 1s1 2s2 2p6 3s1
·         15P : 1s1 2s2 2p6 3s2 3p3
·         26Fe : 1s1 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3p6
·         36Kr : 1s1 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d10 4p6
30
3

Berapakah konfigurasi elektron berikut ini :
a. Na
1.      Diket : Na nomor atom 11
Dit : konfigurasi e;lektron ?
Penyelesaian
11Na = 1s22s22p63s1
20
b.   Mg

Diket : Mg nomor atom 12
Dit : konfigurasi e;lektron ?
Penyelesaian
12Mg = 1s22s22p63s2
20

Rekapitulasi  Hasil  Penilaian Tes Uraian Peserta Didik
No
     Nama
No Soal
Skor Total
   1
    2
3
4
1






2






3






4






5






6


























Lampiran II
Instrumen Penilaian Hasil Belajar
Mata Pelajaran          :
Kelas/semester          :
Topik                         :
Waktu Pelaksanaan   :

Petunjuk Pengisian :
Berilah tanda ( √ ) pada kolom dibawah ini dengan mengacu pada rubrik penilaian afektif !
PENILAIAN SIKAP (AFEKTIF)
No
Nama
Bertanggungjawab dengan setiap tugas yang diberikan kepadanya baik tugas individu maupun kelompok
Menunjukkan rasa ingin tahu
Menunjukkan ketekunan dalam belajar baik secara individu maupun kelompok
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1

























































































Lembar Observasi Penilaian Sikap (Afektif)
No
Aspek yang dinilai
Skor
Rubrik
1.       
Menunjukkan rasa ingin tahu
4
Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, sangat antusias, telibat sangat aktif dalam kegiatan belajar
3
Menunjukkan rasa ingin tahu, antusias, telibat aktif dalam kegiatan belajar
2
Cukup menunjukkan rasa ingin tahu, antusias, telibat aktif dalam kegiatan kelompok apabila disuruh
1
Tidak menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias ,sulit telibat aktif dalam kegiatan belajar walaupun sudah disuruh
2.       
Menunjukkan ketekunan dalam belajar baik secara individu maupun kelompok
4
Sangat tekun menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik dan tepat waktu menyelesaikan tugasnya
3
Tekun menyelesaikan tugas dengan hasil yang baik dan tepat waktu menyelesaikan tugasnya
2
Cukup tekun menyelesaikan tugas dengan hasil  cukup baik
1
Tidak berupaya dengan sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang diberikan sesuai jadwal yang telah disepakati
3.       
Bertanggungjawab dengan setiap tugas yang diberikan kepadanya baik tugas individu maupun kelompok
4
Bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
3
Berupaya tepat waktu dalam m,enyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya.
2
Cukup berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas,dan tugasnya tidak selesai.
1
Tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas,dan tugasnya tidak selesai.
















Lampiran II
Berilah tanda ( √ ) pada kolom dibawah ini dengan mengacu pada rubrik penilaian psikomotorik !
INSTRUMENT PENILAIAN KETERAMPILAN
(PSIKOMOTORIK)
Skor
Kemampuan/keterampilan yang dinilai skor
Keterampilan mengorganisasikan tugas, kerja, atau kegiatan
Ketetapan melaksanakan tugas
5
Peserta didik mempunyai pemahaman yang jelas tentang maksud tugas yang diberikan.
Ia mampu mengorganisasikan tugas dengan cara yang logis sesuai dengan perintah yang diberikan.
Peserta didik mengamati, men-catat dan mela-kukan kegiatan-kegiatan lain dengan benar dan aman.
4
Peserta didik sedikit bantuan untuk memahami tujuan mengerjakan LKD, dan tugas .
Ia mampu meng-ikuti instruksi tapi membutuhkan be-berapa bantuan dalam mengem-bangkan prosuder kerja/ kegiatan yang logis.
Pengamatan dan hasil kegiatan lainnya pada umumnya me-muaskan, tapi ma-sih ada kesalahan dalam ketepatan mencatatatau membahas.
3
Peserta didik membutuhkan bantuan secukupnya untuk memahami LKD, dan tugas serta dalam mengorganisasikan kerjanya.
Ia mampu mengikut tugas/instruksi jika diberikan sejumlah bantuan yang berarti.
Peserta didik banyak melakukan kesalahan, baik pencatatan, dan ketepatan dalam pencatatan ataupun hasil kerja lainnya.
2
Peserta didik banyak bergantung pada bantuan dan dukungan agar mampu memahami  materi, LKPD dan tugas/kegiatan yang diberikan, dan melakukannya.
Bantuan tetap dibutuhkan walau-pun dalam instruksi yang sederhana. Ketidak tepatan dalam pengamatan ataupun unsur-unsur hasil kerja lainnya.
Banyak pengamatan/unsur-unsur bahasa Input diamati atau tidak dicatat, dibahas, dikerjakan.
1
Tidak memahami materi,LKD dan tugas yang diberikan serta tidak mampu melaksanakan walaupun dengan bantuan.
Peserta didik tidak mampu mengikuti suruhan/instruksi dari tugas yang diberikan.
Pengamatan atau unsur-unsur hasil kerja lainnya tidak benar atau relevan dengan tugasnya.

Lembar Observasi sikap (Psikomotorik)
Lembar penilaian kerja
No
Nama Peserta Didik
Tugas
Diskusi
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1.











2.











3.











4.











5.






























LEMBAR DISKUSI SISWA
Konfigurasi elektron

K



 



Nama Kelompok              : ……………..
       Anggota kelompok          :……………...
Tujuan :
1.                  Menyebutkan prinsip larangan Pauli
2.                  Menjelaskan aturan Hund
3.                  Menentukan konfigurasi elektron dengan aturan Aufbau
4.                  menentukan konfigurasi elektron
Kerjakan soal berikut bersama kelompokmu!
Tentukan konfigurasi elektron dari atom-atom berikut!
1.      Sebutkan prinsip larangan pauli?
2.      Jelaskan bagaimana aturan hund
3.      Tentukan konfigurasi elektron dari 26Fe  berdasarkan aturan aufbau
4.      Tentukan konfigurasi elektron dari 11Na dan 12Na

Jawaban
1.      tidak ada dua buah elektron dalam suatu atom yang mempunyai empat bilangan kuantum yang sama
2.      Proses pengisian elektron ke dalam orbital pertama kali akan mengisi semua orbital dengan tingkat energi yang sama terlebih dahulu sebelum memasangkan dengan elektron lain di orbital yang setengah penuh. Jadi tidak boleh mengisi langsung dua elektron pada satu orbital yang sama.
3.      1s1 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3p6
4.      11Na = 1s22s22p63s1
12Na = 1s22s22p63s2
       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar